Blog Seputar Informasi yang ada di Sekitar Kita

Thursday, September 28, 2017

Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan

Berbicara tentang makanan dan bahan alami yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, tentunya kita sudah tahu bahwa ada banyak makanan yang mempunyai banyak khasiat. Salah satunya yaitu bawang merah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Salah satu manfaat bawang putih bagi kesehatan yaitu adanya kandungan senyawa yang terdapat dalam bawang merah. Salah satu kandungannya yaitu organosulfur, baik itu pada bawang merah maupun bawang putih yang mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Beberapa penelitian menyebutkan, asupan bawang yang cukup tinggi sekitar 56 persen lebih rendah teserang kanker kolon dan 25 persen lebih rendah terserang kanker payudara.
Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan

Dan berikut ini beberapa manfaat dari bawang merah bagi kesehatan, seperti yang dilansir dari vemale.com (20/05/2015) dan The Alternative Daily (25/09/2017).

1. Menyehatkan jantung

Pasti semua orang ingin memiliki jantung yang sehat. Untuk mendapatkan jantung yang selalu sehat, cara mudah yang bisa dilakukan yaitu memperbanyak mengonsumsi bawang merah. Vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam bawang merah mampu menyehatkan jantung, paru-paru hingga liver dari berbagai virus dan bakteri yang bisa sebabkan penyakit.

2. Perkuat sistem kekebalan tubuh

Mineral selenium yang terkandung dalam bawang merah terbukti berperan penting dalam melawan infeksi. Hadirnya komponen tersebut mampu membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah sakit.

3. Mengontrol diabetes

Rutin mengonsumsi bawang merah mentah diyakini mampu meningkatkan produksi insulin. Jadi, saat seseorang rutin makan bawang merah mentah, hal tersebut akan menyehatkan tubuh dan diabetes dalam tubuh pun juga bisa terkendali dengan baik.

4. Meningkatkan gairah seksual

Aroma kuat dari bawang merah yang kuat disebabkan kandungan alicin di dalamnya. Namun, senyawa tersebut juga mampu membantu meningkatkan aliran darah ke organ seksual.

5. Mencegah kanker

Salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia adalah kanker. Untuk dapat mencegah kanker, Anda bisa mengonsumsi bawang merah mentah. Dalam bawang merah terkandung banyak senyawa belerang juga sulfur. Kandungan senyawa tersebut mampu melindungi tubuh dari berbagai risiko kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker lambung, kanker usus dan kanker paru-paru.

6. Mendukung kesehatan tulang

Studi menyebutkan bahwa, dengan mengonsumsi bawang merah akan membantu meningkatkan kepadatan tulang. Wanita yang hampir memasuki masa menopause akan memiliki risiko lebih rendah mengalami patah tulang pinggul bila rutin mengonsumsi bawang merah.

7. Atasi radang tenggorokan

Ketika memasuki musim pancaroba, banyak orang yang terserang flu dan radang tenggorokan. Untuk mencegahnya, cobalah perbanyak mengonsumsi bawang merah mentah. Nutrisi yang terdapat dalam bawang putih diyakini sangat ampuh dalam mengobati radang tenggorokan.

Nah, itulah beberapa manfaat bawang merah bagi kesehatan. Yuk, dicoba.

Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bibis

0 komentar:

Post a Comment