Blog Seputar Informasi yang ada di Sekitar Kita

Tuesday, August 15, 2017

Unik, Ini lah 7 Pemakaman Ter-Unik Di Indonesia

Kematian adalah satu tahapan misterius yang pasti akan dihadapi oleh semua manusia dalam menyikapi kematian ini sejumlah masyarakat di dunia memiliki caranya sendiri termasuk dalam memperlakukan jasad yang tidak bernyawa.

Di Indonesia ada yang menerapkan cara yang tergila yang sudah dilakukan sekelompok manusia secara turun-temurun sesuai dengan ajaran adat istiadat dalam peradaban mereka dan berikut saya akan merangkum pemakaman unik di Indonesia.

Dayak Benuaq

Di Kalimantan Timur suku Dayak benuaq memiliki tradisi untuk menguburkan jasad manusia yang sudah meninggal, uniknya alat suku Dayak benuaq ini berbentuk seperti kotak yang menggunakan tiang sebagai penyangganya. Ini bukan untuk badan permanen karena peti berisi jenazah ini akan kembali dibuka setelah beberapa tahun. Nantinya tulang-belulang jenazah yang ada di dalam kotak/peti tersebut akan di doakan kemudian dipindakan ke dalam peti mati permanen. Pada malam hari di desa Dayak benuaq akan terdengar nyanyian nyanyian pemanggil arwah. Upacara pemanggilan arwah ini pun diisi dengan upacara api unggun yang diselingi dengan tarian dan mantra-mantra berbau mistis.

Asmat Papua

Dalam tradisi pemakaman Suku Asmat dikenal dengan melakukan Mumi pada jenazah tersebut. Mumi yaitu mengawetkan mayat dengan cara alami atau buatan hingga bentuk awalnya tetap terjaga, cara ini dapat dicapai dengan menaruh jenazah di tempat yang sangat dingin atau tempat yang tak beroksigen maupun dengan penggunaan bahan kimiawi dan bumi yang paling terkenal adalah mumi yang dibawa saat dengan tujuan pengawetan tertentu terutama pada zaman Mesir kuno. Di Indonesia sendiri biasanya mereka dengan bahan tradisional untuk memuliakan kepentingan sejarah dan religi mereka.

Minahasa

Pemakaman leluhur orang Minahasa yaitu Waruga. Semula kuburan batu yang disebut waruga oleh masyarakat setempat ini tersebar di berbagai tempat di Minahasa sebelum akhirnya dikumpulkan di suatu tempat. Di Desa Sawangan satu hal yang unik dari waruga ini adalah mayat yang dikubur di dalam batu semuanya akan hancur termasuk tulang belulangnya yang berubah menjadi abu tanah di dalam satu waruga berbentuk persegi dengan penutup berbentuk segitiga yang diberi hiasan, ini bisa dimakamkan 5 hingga 6 orang dengan posisi duduk meringkuk seperti bayi dalam kandungan posisi jenazah harus selalu menghadap ke utara konon hal ini untuk menandakan bahwa nenek moyang Suku Minahasa berasal dari Utara.

Sumba

Rakyat di Sumba juga mempunyai pemakaman unik dan beda dari yang lain. salah satu acara adat yang sangat unik, jenazah akan disemayamkan di rumah adat dengan berbalut kain tenun ikat sebelum dikuburkan di depan pelataran. Di dalam rumah adat terdapat seperangkat alat musik tradisional yang terbuat dari kulit sapi dengan berbagai ukuran kemudian pelayan perempuan dipersilahkan bergantian masuk ke dalam rumah adat sambil diiringi musik, mereka duduk melingkar dan si pendeta memberikan pesan pesan kepada manusia agar menjaga keluarga mereka yang sudah lebih dulu meninggal, uniknya setiap keluarga yang datang melayat diwajibkan membawa hewan ternak sebagai persembahan dan simbol persaudaraan

Imogiri, Yogyakarta

Pemakaman raja Imogiri di Yogyakarta. Saat Anda memasuki lokasi pemakaman ini atmosfer semakin terasa mistis karena aroma bunga melati dan kemenyan. Di area ini ada peraturan yang harus di patuhi antara lain adalah dilarang menggunakan alas kaki. Dilarang membawa kamera dan harus berpakaian khas Jawa.

Tana Toraja

Merupakan khas Tana Toraja yang berbentuk 75 lobang pada dinding candi yang merupakan hasil kreasi manusia yang luar biasa sejak abad ke-16. Cara memahat ini didasari pada kepercayaan penduduk Tana Toraja, mereka meyakini bila letak makam yang tinggi akan semakin dekat dengan Tuhan.  Aura kematian dan ritual mistis pun terlihat di makam-makam ini dengan adanya pandangan misterius yang berasal dari tahu-tahu yaitu patung pahat berbentuk Rusa utuh yang terlihat hidup di atas tebing tempat jenazah.

Ngaben

Selanjutnya adalah pemakaman Ngaben di Bali. Ini merupakan Upacara pembakaran mayat atau gramasi Umat Hindu di Bali, adalah untuk mengembalikan roh leluhur atau orang yang sudah meninggal ke tempat asalnya atau kepada kehidupan mendatang, biasanya upacara ngaben dilaksanakan oleh keluarga sanak saudara dari orang yang meninggal sebagai wujud rasa hormat seorang anak terhadap orang tuanya, biasanya dilakukan dengan meriah karena di Bali adalah suatu keyakinan untuk tidak boleh menangisi orang yang telah meninggal, karena dapat menghambat perjalanan arwah menuju ke tempatnya dengan upacara adat.

Unik, Ini lah 7 Pemakaman Ter-Unik Di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bibis

0 komentar:

Post a Comment